Tugas,Kuis dan Forum Diskusi untuk mahasiswa bisa dilihat antara lain di (1) Forum Diskusi IA pada Google Plus,dan (2) eLisa (http://unwarjian.elisa.or.id). Berikut adalah kutipan Forum Diskusi IA dalam G+ per 24 Oktober 2011

REKAMAN FORUM DISKUSI IA PADA GPlus

Kadek Yudhiantara

Oct 14, 2011 Google+

Petunjuk Forum Diskusi.
Mari kita belajar sharing pendapat dan berbagi informasi akademik dlm lingkaran forum diskusi IA. .tulis pendapat anda dalam box sesi diskusi semester,1 pendapat yg layak =1 point tabungan anda yg akan dikuantifikasi menjadi nilai semester.Akun G+ ini diperuntukkan hanya untuk lingkaran forum diskusi [bukan untuk mengunggah status pribadi].Dalam 1minggu akan ada 1-2 topik diskusi atau kuis.peserta forum yg absen diberi angka minus (-1,-2,dst-nya)

I Putu Hariana Putra

ternyata gini iya tampang2 anak ospek… Oct 15, 2011

Putu Marini

Andai bisa ikut ya ? Oct 17, 2011

I Putu Hariana Putra

oo tidak bisa.. Oct 17, 2011

sri rejeki

ok pak….. sambil belajar politik dan IPTEK Oct 21, 2011

Kadek Yudhiantara

Oct 16, 2011 Google+

Info perkuliahan selasa 18

Putu Marini

jadi ngak sabar dapat kuliah tentang administrasi secara lebih ditail dari bapak,klo bleh usul jam kuliahnya ditambah pak.makasi Oct 17, 2011

Kadek Yudhiantara

@putu marini: kok ga posting comment di sesi diskusi PIAN? tuh lihat ada arik yg sudah c.i. Aktif menyampaikan pendapatnya. . Oct 17, 2011

sri rejeki

pak, saya kok tidak bisa juga…. gemana caranya dan dengan siaapa saya bsa belajar Oct 18, 2011

Kadek Yudhiantara

@sri: tu udah bisa kan bu? Ni udah bs comment di kotak topik Oct 18, 2011

Tata Willy

inuii materii smstr 1 ya pak?? hudaa smpee mana nuii topik bhasannnyaa🙂 Oct 20, 2011

Kadek Yudhiantara

Oct 12, 2011 Google+

FORUM DISKUSI E-LEARNING JIAN III
PENGANTAR ILMU POLITIK

Brainstorming 1
Makna apa yg anda pahami jk mendengar kata POLTIK? Oct 13, 2011

Brainstorming 2:
Apa yg anda pahami ttg PEMILU? Oct 19, 2011

Kadek Yudhiantara

Anak2 JIAN 3 IKI LO TUGASE SAMPEAN HEHE Oct 20, 2011

Meiga Sari

owalah ,, ora mudeng ,, diantos nya comment saya nya ,, mau bca2 doloh ,, hehe .. mohon bimbinganny Pak Yudhi🙂 Oct 20, 2011

Meiga Sari

Pak Yudhi ,, mega cba jwb y utk PEMILUnya …

Pemilu diIndonesia pada awalnya ditujukan utk memilih anggota lembaga perwakilan, yaitu DPR,DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. setelah Amandemen ke4 UUD1945 thn 2002, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, yang semula dilakukan oleh MPR, disepakati utk dilakukan langsung oleh rakyat sehingga pilpres pun dimasukkan dalam rezim Pemilu. Pilpres sebagai bagian dari Pemilu dilakukan pertama kali thn 2004.

Pemilu di Indonesia menganut ASAS LUBER ( Langsung,Umum,Bebas, dan Rahasia ) sejak Zaman Orde Baru, yaitu :
> Langsung : pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan.
>Umum : pemilu dapat diikuti oleh seluruh warga negara yang sudah memiliki hak utk menggunakan suara.
>Bebas : pemilih diharuskan memberikan suaranya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
>Rahasia : suara yang diberikan oleh pemilih bersifat rahasia hanya diketahui oleh si pemilih itu sendiri.

Kemudian diera reformasi berkembang ASAS JURDIL ( Jujur dan Adil ), yaitu :
> Jujur : Pemilu harus dilaksanakan sesuai dengan aturan utk memastika setiap warga negara yg memiliki hak dapat memilih sesuai dgn kehendaknya dan setiap suara pemilih memiliki nilai yg sama utk menentukan wakil Rakyat yang akan terpilih.
> Adil : Perlakuan yg sama terhadap peserta Pemilu dan Pemilih tanpa ada pengistimewaan ataupun diskriminasi terhadap peserta atau pemilih tertentu.
Asas Jurdil ini mengikat tidak hanya kepada pemilih atatupun peserta pemilu, tetapi jg penyelenggara Pemilu.

> Pemilu pertama diadakan thn 1955 sering disebut dengan pemilu 1955 yang bertujuan utk memilih anggota DPR dan Konstituante.
> Pemilu berikutnya thn 1971 ( 5Juli 1971) merupakan Pemilu pertama setelah Orde Baru.
> Pemilu-pemilu berikutnya dilangsungkan thn 1977,1982,1987,1992,dan 1997. Pemilu ini diselenggarakan dibawah pemerintahan Soeharto. Sering disebut Pemilu Orde Baru.
> Pemilu berikutnya setelah runtuhnya orde baru , thn 1999 dibawah Pemerintahan BJ Habibie.
> Thn 2004, selain memilih anggotan DPR,DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, rakyat jg memilih anggota DPD (utk mewakili kepentingan daerah). Thn ini jg diadakan pertama kali utk Pemilu Pilpres.
> Terakhir thn 2009 ( 8 Juli 2009).
Ditengah masyarakat, istilah Pemilu lebih sering merujuk kepada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden/Wakil Presiden yang diadakan setiap 5thn sekali. Pemilu merupakan syarat bagi adanya Demokrasi.

sekian dan terimakasih🙂 Oct 21, 2011

Meiga Sari

Klo mega dengar kata Politik … makna yg mega pahami adalah :

1. Proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan.
2. Cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisa sistem politik dan perilaku politik. Ilmu berorientasi akademis,teori dan riset.
3. Politik merupakan kajian mengenai konsep penentuan tujuan Politik, bagaimana mencapai tujuan tersebut serta segala konsekuensinya.
4. Politik adalah seni dan Ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Pak Yudhi,, cuma itu yg mega pahami ttg Politik ,, sedikit bahkan sangat Awam ,, haaddeehh.. ini jg msh bingung pak,, mohon bimbingannya y Pak🙂 Oct 21, 2011

Kadek Yudhiantara

Oct 12, 2011 Google+

FORUM DISKUSI E-LEARNING JIAN V
BIROKRASI DI INDONESIA

Brainstorming 1:
Birokrasi,”mahluk ” apakah itu? Oct 13, 2011

sri rejeki

Birokrasi itu mahluk…….yang berorganisasii, di mana ia merupakan pemegang otoritas secara rasional Oct 21, 2011

I Putu Hariana Putra

ibu sri,,itu pertanyaan nya buat mahasiswa JIAN V bu.. Oct 21, 2011

sri rejeki

gak apa ….. anggap aja sudah semester V hahahahaha… Oct 21, 2011

Kadek Yudhiantara

Oct 21, 2011 Google+

Kabar gembira untuk anak2 JIAN: sekarang sudah resmi dioperasikan Learning Management System (LMS) eLisa buatan UGM pada Jurusan kalian..eLisa adalah web eLearning untuk menjembatani komunikasi akademik antara dosen dan mahasiswa diluar jam tatap muka dikelas…elisa JIAN Fisipol Unwar adalah eLisa pertama yang beroperasi di Universitas Warmadewa dan eLisa pertama untuk program studi di Bali.Selamat mengklik,dan segera bergabung menjadi member…saya tunggu kalian disana,bersama mbak elisa,ok?

Putu Marini

gmana cara membernya pak? Oct 21, 2011

wirati Centiil

gimana tow pak cara’n?????
saya ora ngertiii
hehheh Oct 21, 2011

Kadek Yudhiantara

Nanti pasti bisa,tenang aja Oct 21, 2011

wirati Centiil

ajarinnn nae Oct 21, 2011

Kadek Yudhiantara

Caranya: masuk ke http://unwarjian.elisa.or.id lalu register dg email,tunggu ada pemberi
tahuan,confirm via email sampai tampil halaman depan elisa,masuk dg cara login,lalu cari komunitas PIAN-Yudhiantara,(atau sesuai matakuliah yang diikuti), klik gabung.selese. .mudah kan? Oct 22, 2011

Kadek Yudhiantara

Oct 16, 2011 Google+

Topik F2F MK BIROKRASI SMT 5 SELASA 18

wirati Centiil

1.ideal type birokrasi :organisasi yang memilki ciri-ciri yang ideal seperti:meiliki prinsip kedinasan yang di atur berdasarkan hukum dan dala bentuk tertulis,prinsip hirarky didalam kewenangan dengan tanggung jawab terlihat jelas,adanya spesialisasi yang tinggi dan,carrier staffinng,hubungan kerja yang bersifat impersonal,adanyapemisahan antara milik pribadi dengan milik organisasi.

2.birohatologi ; sutu penyakit yang ada dalam birokrasi,contoh :nepotisme,/dinasti jabatan,korupsi,dll Oct 20, 2011

Kadek Yudhiantara

Wir. . Lihat tuh banyak salah ketik,ngebut ya? Oct 20, 2011

wirati Centiil

ya pak,mf,,lagi daam kondisi drop,tnganny gemetaran hhheheh Oct 20, 2011

wirati Centiil

3.hubungan birokrasi dengan admiistrasi,birokrasi sebagai tubuh dari administrasi,alat untuk mencapai tujuan,dimana tanpa adanya birokrasi,administrasi tidak akan berjalan. Oct 20, 2011

Tata Willy

ikut 1 dunk……. nyrebet k smstr 5 byr tw gmn rs’y hahhahhaa🙂
birokrasi adalah alat kekuasaan untuk menjalankan keputusan-keputusan politik, dan administrasi yg bertugas untuk melancarkan keputusan2 trsebut/bisa disebut sebuah proses agr trcapai’y suatu kputusan trsebut….
sehinggaa ke 2 hal tersebut menjadi saling berketerkaitan🙂 Oct 20, 2011

Kadek Yudhiantara

Oct 16, 2011 Google+

Topik perkuliahan ke2 mk PIP Rabu 19,JIAN III

made suartini

test test…
yg lain hayoo menyusul… Oct 19, 2011

Tata Willy

apaaa’ny di tes mb dex???
sistem politik knp bisa diangga penting ya?? kita liat lwat pengertiannya dluu nyookkk………
sistem politik adalah subsistem dari sistem sosial. Perspektif atau pendekatan sistem melihat keseluruhan interaksi yang ada dalam suatu sistem yakni suatu unit yang relatif terpisah dari lingkungannya dan memiliki hubungan yang relatif tetap di antara elemen-elemen pembentuknya
sistem politik juga merupakan kesatuan antara struktur dan fungsi politik.
struktur politik diibaratkan mesin, sedangkan komponennya disebut fungsi.

Oleh karena itu sistem politik sangat penting bagi suatu negara untuk mengatur mekanisme manajemen kenegaraan🙂 Oct 20, 2011

Tata Willy

wwaallllaaahhh…… yg laen’y kmn? hikz😦 aq sndirriiii…😦 hhuufttt……… Oct 20, 2011

Meiga Sari

ehem,,test test .. mnurut mega ,,
Sistem Politik sangat penting karena,
1. merupakan proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dlm masyarakat yg brwujud proses pembuatan keputusan,khususnya dalam negara.
2. merupakan usaha yg ditempuh warga negara utk mewujudkan kebaikan bersama.
3. merupakan kegiatan yg diarahkan utk mndapatkan dan mempertahankan kekuasaan dimasyarakat.
4. merupakan segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Dalam sistem politik kita juga dapat mempelajari alokasi dan transfer kekuasaan dalam pembuatan keputusan,peran dan sistem pemerintahan termasuk pemerintah dan organisasi internasional,perilaku politik dan kebijakan publik.

Disini kita juga dapat mengukur keberhasilan pemerintahan dan kebijakan khusus dengan memeriksa berbagai faktor termasuk stabilitas,keadilan,kesejahteraan material, dan kedamaian. Oct 20, 2011

sri rejeki

sistem politik mengatur strategi dalam perubahan Oct 21, 2011